SATUAN ACARA PERKULIAHAN (SAP)
EVALUASI PENDIDIKAN
Mata Kuliah : Evaluasi Pendidikan
Bobot SKS : 2 SKS
Program Studi : Pendidikan Bimbingan & Konseling
Semester : V (lima)
Dosen Pengampu : Endang Sri Budi Herawati, S.E., M.Pd
A. Deskripsi Mata Kuliah
Mata kuliah Evaluasi Pendidikan ini mengkaji tentang tolok ukur hasil pendidikan melalui pengukuran dan penilaian hasil belajar. Dengan demikian, setelah melakukan pengukuran hasil belajar, akan dapat pula mengambil keputusan terhadap hasil belajar melalui penilaian kualitatif dengan ukuran baik dan buruk. Mata kuliah ini merupakan salah satu mata kuliah dasar keahlian pedagogik. Bahasan materi perkuliahan yang disampaikan akan mengarah pada pembentukan pengetahuan dan keterampilan dalam evaluasi pendidikan bagi para calon guru. Materi dasar yang dibahas adalah (1) Konsep dasar evaluasi pendidikan, (2) Peranan evaluasi pendidikan, (3) Teknik-teknik konstruksi tes, (4) Uji coba tes hasil belajar, (5) Pengolahan hasil uji coba tes hasil belajar, (6) Analisis tes hasil belajar, dan (7) Pembakuan tes hasil belajar.
B. Tujuan Perkuliahan
Setelah berakhirnya mata kuliah ini diharapkan mahasiswa jurusan Pendidikan Bimbingan & Konseling memiliki kompetensi dalam merancang, menyusun, melaksanakan dan melaporkan hasil evaluasi belajar serta menggunakannya untuk perbaikan pembelajaran.
C. Kegiatan Perkuliahan
Strategi dan metode yang digunakan dalam perkuliahan adalah:
- Mahasiswa diberi tugas untuk menelaah sumber-sumber/referensi yang berkaitan dengan materi-materi yang ada dalam silabus, agar terjadi interaktif antara dosen dan mahasiswa.
- Menerapkan model-model pengajaran interaktif yang berpusat pada dosen (Ekspositori, prisentasi dan penjelasan, pengajaran langsung).
- Menerapkan model-model pengajaran interaktif yang berpusat pada mahasiswa (penugasan secara kelompok dan presentasi atas hasil penelusuran dan kajian, problem based learning) terhadap model-model evaluasi pendidikan yang telah dikaji bersama.
- Penugasan secara individual maupun kelompok untuk melakukan analisis tes hasil belajar.
- Problem based learning.
D. Evaluasi
Evaluasi perkuliahan selama 1 semester dilakukan dengan memperhatikan komponen-komponen berikut:
- Kehadiran (minimal 80%).
- Tugas kelompok dengan mempertimbangkan aspek tingkat kejelasan hasil kajian, analisis dan evaluasi serta presentasi hasil kajian dan penelusuran.
- Tugas individu dengan mempertimbangkan aspek: konsep dasar, ketajaman analisis, dan kesimpulan hasil kerja.
- Nilai UTS
- Nilai UAS
- Hasil evaluasi merupakan kumulatif dari jumlah kehadiran, penyelesaian tugas-tugas terstruktur baik individu maupun kelompok, nilai UTS dan UAS.
E. Jabaran Kegiatan Perkuliahan dalam Pertemuan
Pertemuan ke
|
Materi
|
Ket
|
I
|
· Kontrak perkuliah
· Konsep dasar belajar dan pembelajaran
· Sistem Perkuliahan
· Preview materi evaluasi pendidikan
· Kiat belajar Efektif bagi
mahasiswa
|
Dosen
melalui strategi kelompok pendengar (kel penanya, pendukung, penolak dan
pemberi contoh).
|
II & III
|
Memahami
konsep dan penerapan dasar-dasar pengukuran dan penilaian:
· Pengertian evaluasi pendidikan
· Perbedaan pengukuran dan penilaian
· Fungsi dan manfaat penilaian hasil
belajar
· Jenis dan evaluasi hasil belajar
· Syarat-syarat alat penilaian yang
baik
· Validitas dan reliabilitas
|
Presentasi
mhs, & Problem Solving
|
IV & V
|
Memahami dan menerapkan konsep perencanaan penyusunan Evaluasi Hasil
Belajar
·
Pembahasan Standar
Kompetensi, Kompetensi Dasar, Indikator atau TPU dan TPK
·
Pembahasan metode
pemilihan bahan evaluasi
·
Pembahasan metode
penyusunan kisi-kisi evaluasi hasil belajar
|
Presentasi
mhs, & Problem Solving
|
VI & VII
|
Memahami
dan menerapkan konsep instrumen evaluasi hasil belajar
· Pembahasan jenis tagihan dan
instrumen penilaian
· Pembahasan syarat-syarat
penyusunan jenis tagihan dan instrumen penilaian
· Berlatih menyusun berbagai jenis
tagihan dan bentuk instrumen penilaian
|
Presentasi
mhs, & Problem Solving
|
VIII
|
· Pembahasan berbagai jenis
instrumen evaluasi
· Pembahasan bentuk-bentuk tes:
objektif dan non objektif
· Pembahasan bentuk-bentuk soal
objektif: Benar-Salah, Pilihan Ganda, Menjodohkan, Isian Singkat
· Pembahasan bentuk soal uraian
(esai)
· Analisis soal dalam berbagai
bentuk, kemudian mengklasifikasikan soal-soal tersebut dalam kelo,pok soal
yang telah dipelajari
|
Presentasi
mhs, & Problem Solving
|
IX
|
UTS
|
|
X
|
Menyusun
instrumen penilaian berbagai kompetensi atau indikator pencapaian hasil
belajar:
· Kompetensi Kognitif
· Kompetensi Afektif
· Kompetensi Psikomotor
|
Presentasi
mhs, & Problem Solving
|
XI - XII
|
Mengolah
hasil evaluasi
· Pembahasan cara pemberian skor
· Pembahasan berbagai pendekatan
penilaian
· Pembahasan cara pemberian nilai
standar
· Berlatih mengolah skor menjadi
nilai standar
|
Presentasi
mhs, & Problem Solving
|
XIII - XIV
|
Memahami
dan menerapkan konsep mutu alat evaluasi hasil belajar
· Pembahasan teknik analisis
validitas
· Pembahasan teknik analisis
reliabilitas
· Pembahasan teknik analisi tingkat
kesukaran
· Pembahasan teknik analisis daya
pembeda
· Pembahasan teknik analisis option
(untuk soal pilihan ganda)
|
Presentasi
mhs, & Problem Solving
|
XV
|
· Menyusun laporan hasil evaluasi
hasil belajar
· Pengisian rapor
· Pelaporan tingkat ketuntasan
belajar
· Pelaporan hasil analisis tingkat
keterpahaman dan ketuntasan
· Memahami cara pemanfaatan hasil
evaluasi untuk perbaikan pembelajaran
|
Presentasi
mhs, & Problem Solving
|
XVI
|
UAS
(membuat analisis)
|
REFERENSI
- Arikunto, Suharsimi. 2012. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Edisi ke-2. Jakarta: PT Bumi Aksara.
- Gronlund, Norman E. 1985. Meassurement and Evaluation. 5 th ed. New York: Memillan Publishing Company, Inc.
- Purwanto, M. Ngalim. 2001. Prinsip-Prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Bandung: Rosda Karya.
- Mutakin, Awan, dkk. 1988. Penilaian Dalam Pendidikan. Bandung:IKIP Bandung.
- Tayibnapis, F.Y. 2000. Evaluasi Program. Jakarta: Rineka Cipta.
Dosen Pengampu Mata Kuliah
Endang Sri Budi Herawati, S.E., M.Pd