Semester : lima
Tugas ke : satu (tugas individu)
Tujuan tugas : Menjelaskan konsep dasar, asas, dan jenis evaluasi
Proses belajar mengajar merupakan suatu proses yang mempunyai tujuan. tujuan tersebut dinyatakan dalam rumusan kemampuan atau perilaku yang diharapkan dimiliki siswa setelah menyelesaikan kegiatan belajar. Untuk mengetahui tercapai tidaknya tujuan pengajaran serta kualitas proses belajar mengajar yang telah dilaksanakan, perlu dilakukan suatu usaha penilaian atau evaluasi terhadap hasil belajar siswa. Sebagai seorang guru, kita harus memahami dengan baik berbagai konsep dalam evaluasi hasil belajar, sehingga kita mampu mengukur hasil belajar siswa dengan cara yang tepat.
- Kumpulkan definisi pengukuran, penilaian, dan evaluasi dari berbagai ahli (minimal 7 pendapat untuk setiap konsep tersebut)
- Sintesiskan definisi tersebut dengan bahasa anda sendiri secara sederhana dan opersional.
- Jelaskan keterkaitan ketiga konsep tersebut.
- Jelaskan perbedaan ketiga konsep tersebut.
- Jelaskan mengapa kita perlu melakukan evaluasi pembelajaran.
- Jelaskan asas-asas evaluasi pembelajaran
- Jelaskan jenis-jenis evaluasi pembelajaran baik berdasarkan fungsi mau pun alatnya secara lengkap.
- Bab I Pendahuluan (meliputi latar belakang masalah, perumusan masalah, dan tujuan penulisan)
- Bab II Pembahasan
- Bab III Kesimpulan
- Daftar Pustaka
Paper diketik dengan font Times New Roman 12/Arial 14 dengan spasi 1.5 pada kertas ukuran kuarto. Hasil analisis tidak boleh lebih dari 15 halaman. Dijilid rapi dan dikumpulkan pada hari Senin, 28 Oktober 2013, dengan toleransi keterlambatan 3 hari (tugas yang terlambat dikumpulkan via email ke endangsribudiherawati@gmail.com)
Siapkan Slide PPT tayangan dari makalah yang anda buat maksimal 20 slide. Slide dibuat semenarik mungkin sehingga dapat menggambarkan keseluruhan konsep yang anda paparkan
Kriteria Penilaian:
1. Analisis konsep
2. Komunikasi
3. Karakter yang diharapkan: Jujur dan tangguh
RUBRIK PENILAIAN : Analisis Konsep
Dimensi
|
Sangat
Baik
(> 81)
|
Baik
(61 – 80)
|
Cukup
(41 – 60)
|
Kurang
(21 – 20)
|
Sangat
Kurang
(< 20)
|
Kelengkapan konsep
|
Pemaparan konsep lengkap dan integratif sesuai batasan pengerjaan tugas yang diminta
|
Pemaparan konsep lengkap namun tidak terintegrasi
|
Masih kurang 2 aspek yang belum terungkap
|
Hanya menunjukkan sebagian konsep saja
|
Tidak ada konsep
|
Kebenaran konsep
|
Diungkapkan dengan tepat, aspek penting tidak
dilewatkan, bahkan analisis dan sintetis nya membantu memahami konsep
|
Diungkap dengan tepat, namun deskriptif
|
Sebagian besar konsep sudah terungkap, namun
masih ada yang terlewatkan
|
Kurang dapat mengungkapkan aspek penting,
melebihi halaman, tidak ada proses merangkum hanya mencontoh
|
Tidak ada konsep yang
disajikan
|
RUBRIK
PEILAIAN : Komunikasi
Dimensi
|
Sangat
Baik
(> 81)
|
Baik
(61 – 80)
|
Cukup
(41 – 60)
|
Kurang
(21 – 20)
|
Sangat
Kurang
(< 20)
|
BAHASA PAPER
|
Bahasa yang digunakan komunikatif dan memotivasi orang
untuk mempelajari konsep lebih dalam
|
Bahasa yang digunakan hanya bersifat informatif saja bagi
pembacanya, tidak menggugah pembaca untuk mempelajari konsep lebih dalam
|
Bahasa yang digunakan deskriptif, tidak terlalu menambah pengetahuan
|
Informasi dan data yang disampaikan tidak menarik
dan membingungkan
|
Tidak ada hasil
|
KERAPIAN PAPER
|
Paper dibuat dengan sangat menarik untuk dibaca
|
Paper cukup menarik, namun tidak memancing untuk dibaca
|
Dijilid biasa
|
Dijilid namun kurang rapi
|
Tidak ada hasil
|
ISI
|
Memberi inspirasi pendengar untuk mencari lebih
dalam
|
Menambah wawasan
|
Pembaca masih harus menambah lagi informasi dari
beberapa sumber
|
Informasi yang disampaikan tidak menambah wawasan
bagi pendengarnya
|
Informasi yang disampaikan menyesatkan atau salah
|
ORGANISASI PENULISAN
|
Sangat runut dan integratif sehingga pendengar dapat mengkompilasi
isi dengan baik
|
Cukup runut dan memberi data pendukung fakta yang disampaikan
|
Tidak didukung data, namun menyampaikan informasi
yang benar
|
Informasi yang disampaikan tidak ada dasarnya
|
Tidak mau presentasi
|
GAYA PRESENTASI
|
Menggugah semangat pendengar
|
Membuat pendengar paham, hanya sesekali saja
memandang catatan
|
Lebih banyak membaca catatan
|
Selalu membaca catatan (tergantung pada catatan)
|
Tidak berbunyi
|
RUBRIK
PENILAIAN : Karakter yang diharapkan
Dimensi
|
Sangat
Baik
(> 81)
|
Sangat
Kurang
(< 20)
|
Jujur
|
·
Paper yang dibuat adalah hasil karya sendiri, bukan merupakan plagiasi.
·
Mencantumkan sumber dengan jelas, jika melakukan pengutipan
|
·
Paper yang dibuat merupakan hasil plagiasi
·
Sumber yang dicantumkan tidak lengkap
|
Tangguh
|
· Pengumpulan paper tepat waktu (menunjukkan
ketangguhan mahasiswa untuk menyelesaikan tugas)
|
· Pengumpulan tugas tidak tepat waktu
|
tugasnya sangat membantu kak
BalasHapusscania bus chassis
Yuk Merapat Best Betting Online Hanya Di AREATOTO
BalasHapusDalam 1 Userid Dapat Bermain Semua Permainan
Yang Ada :
TARUHAN BOLA - LIVE CASINO - SABUNG AYAM - TOGEL ONLINE ( Tanpa Batas Invest )
Sekedar Nonton Bola ,
Jika Tidak Pasang Taruhan , Mana Seru , Pasangkan Taruhan Anda Di areatoto
Minimal Deposit Rp 20.000 Dan Withdraw Rp.50.000
Proses Deposit Dan Withdraw ( EXPRES ) Super Cepat
Anda Akan Di Layani Dengan Customer Service Yang Ramah
Website Online 24Jam/Setiap Hariny