Selasa, 22 Oktober 2013

TUGAS 1 EVALUASI PENDIDIKAN


Mata Kuliah    : Evaluasi Pendidikan
Semester         : lima
Tugas ke          : satu (tugas individu)
Tujuan tugas   : Menjelaskan konsep dasar, asas, dan jenis evaluasi

Proses belajar mengajar merupakan suatu proses yang mempunyai tujuan. tujuan tersebut dinyatakan dalam rumusan kemampuan atau perilaku yang diharapkan dimiliki siswa setelah menyelesaikan kegiatan belajar. Untuk mengetahui tercapai tidaknya tujuan pengajaran serta kualitas proses belajar mengajar yang telah dilaksanakan, perlu dilakukan suatu usaha penilaian atau evaluasi terhadap hasil belajar siswa. Sebagai seorang guru, kita harus memahami dengan baik berbagai konsep dalam evaluasi hasil belajar, sehingga kita mampu mengukur hasil belajar siswa dengan cara yang tepat. 

PETUNJUK PELAKSANAAN:
  1. Kumpulkan definisi pengukuran, penilaian, dan evaluasi dari berbagai ahli (minimal 7 pendapat untuk setiap konsep tersebut)
  2. Sintesiskan definisi tersebut dengan bahasa anda sendiri secara sederhana dan opersional.
  3. Jelaskan keterkaitan ketiga konsep tersebut.
  4. Jelaskan perbedaan ketiga konsep tersebut.
  5. Jelaskan mengapa kita perlu melakukan evaluasi pembelajaran.
  6. Jelaskan asas-asas evaluasi pembelajaran
  7. Jelaskan jenis-jenis evaluasi pembelajaran baik berdasarkan fungsi mau pun alatnya secara lengkap.
Seluruh materi bahasan dari point 1-7 disusun dalam sebuah paper dengan sistematika penulisan sbb:
  • Bab I Pendahuluan (meliputi latar belakang masalah, perumusan masalah, dan tujuan penulisan)
  • Bab II Pembahasan
  • Bab III Kesimpulan
  • Daftar Pustaka
Paper diketik dengan font Times New Roman 12/Arial 14 dengan spasi 1.5 pada kertas ukuran kuarto. Hasil analisis tidak boleh lebih dari 15 halaman. Dijilid rapi dan dikumpulkan pada hari Senin, 28 Oktober 2013, dengan toleransi keterlambatan 3 hari (tugas yang terlambat dikumpulkan via email ke endangsribudiherawati@gmail.com)

Siapkan Slide PPT tayangan dari makalah yang anda buat maksimal 20 slide. Slide dibuat semenarik mungkin sehingga dapat menggambarkan keseluruhan konsep yang anda paparkan

Kriteria Penilaian:
1. Analisis konsep
2. Komunikasi
3. Karakter yang diharapkan: Jujur dan tangguh

 RUBRIK PENILAIAN : Analisis  Konsep
Dimensi
Sangat Baik
(> 81)
Baik
(61 – 80)
Cukup
(41 – 60)
Kurang
(21 – 20)
Sangat Kurang
(< 20)
Kelengkapan konsep
Pemaparan konsep lengkap dan integratif sesuai batasan pengerjaan tugas yang diminta
Pemaparan konsep lengkap  namun tidak terintegrasi
Masih kurang 2 aspek yang belum terungkap
Hanya menunjukkan sebagian konsep saja
Tidak ada konsep
Kebenaran konsep
Diungkapkan dengan tepat, aspek penting tidak dilewatkan, bahkan analisis dan sintetis nya membantu memahami konsep
Diungkap dengan tepat, namun deskriptif
Sebagian besar konsep sudah terungkap, namun masih ada yang terlewatkan
Kurang dapat mengungkapkan aspek penting, melebihi halaman, tidak ada proses merangkum hanya mencontoh
Tidak ada konsep yang disajikan

RUBRIK PEILAIAN : Komunikasi
Dimensi
Sangat Baik
(> 81)
Baik
(61 – 80)
Cukup
(41 – 60)
Kurang
(21 – 20)
Sangat Kurang
(< 20)
BAHASA PAPER
Bahasa yang digunakan komunikatif dan memotivasi orang untuk mempelajari konsep lebih dalam
Bahasa yang digunakan hanya bersifat informatif saja bagi pembacanya, tidak menggugah pembaca untuk mempelajari konsep lebih dalam

Bahasa yang digunakan deskriptif, tidak terlalu menambah pengetahuan
Informasi dan data yang disampaikan tidak menarik dan membingungkan
Tidak ada hasil
KERAPIAN PAPER
Paper dibuat dengan sangat menarik untuk dibaca
Paper cukup menarik, namun tidak memancing untuk dibaca
Dijilid biasa
Dijilid namun kurang rapi
Tidak ada hasil
ISI
Memberi inspirasi pendengar untuk mencari lebih dalam
Menambah wawasan
Pembaca masih harus menambah lagi informasi dari beberapa sumber
Informasi yang disampaikan tidak menambah wawasan bagi pendengarnya
Informasi yang disampaikan menyesatkan atau salah
ORGANISASI PENULISAN
Sangat runut dan integratif sehingga pendengar dapat mengkompilasi isi dengan baik
Cukup runut dan memberi data pendukung fakta yang disampaikan
Tidak didukung data, namun menyampaikan informasi yang benar
Informasi yang disampaikan tidak ada dasarnya
Tidak mau presentasi
GAYA PRESENTASI
Menggugah semangat pendengar
Membuat pendengar paham, hanya sesekali saja memandang catatan
Lebih banyak membaca catatan
Selalu membaca catatan (tergantung pada catatan)
Tidak berbunyi

                     
RUBRIK PENILAIAN : Karakter yang diharapkan
Dimensi
Sangat Baik
(> 81)
Sangat Kurang
(< 20)
Jujur
·       Paper yang dibuat adalah hasil karya sendiri, bukan merupakan plagiasi.
·       Mencantumkan sumber dengan jelas, jika melakukan pengutipan
·       Paper yang dibuat merupakan hasil plagiasi
·       Sumber yang dicantumkan tidak lengkap
Tangguh
·      Pengumpulan paper tepat waktu (menunjukkan ketangguhan mahasiswa untuk menyelesaikan tugas)
·       Pengumpulan tugas tidak tepat waktu



)*Selamat Mengerjakan


2 komentar:

  1. Yuk Merapat Best Betting Online Hanya Di AREATOTO
    Dalam 1 Userid Dapat Bermain Semua Permainan
    Yang Ada :
    TARUHAN BOLA - LIVE CASINO - SABUNG AYAM - TOGEL ONLINE ( Tanpa Batas Invest )
    Sekedar Nonton Bola ,
    Jika Tidak Pasang Taruhan , Mana Seru , Pasangkan Taruhan Anda Di areatoto
    Minimal Deposit Rp 20.000 Dan Withdraw Rp.50.000
    Proses Deposit Dan Withdraw ( EXPRES ) Super Cepat
    Anda Akan Di Layani Dengan Customer Service Yang Ramah
    Website Online 24Jam/Setiap Hariny

    BalasHapus