Minggu, 21 Desember 2014

"Menjadi Orang Tua yang Asyik dan Inspiratif di mata Anak-anak"



Suatu hari salah seorang anak didik saya bersikap tidak seperti biasanya, anak ini jadi pendiam. Ketika saya tanya, ternyata anak ini tidak mengerjakan PR yang saya berikan dua hari yang lalu.

“Mengapa kamu tidak mengerjakan PR Rin?” tanya saya

“Saya nggak tahu caranya Pak….!” Katanya.

“Memangnya kamu tidak bertanya atau dibantu sama orang tuamu?” tanya saya lagi.

“Itu dia Pak, Papa sama Mama saya juga gak tahu caranya. Papa sama Mama saya gak asyik orangnya, masa gini aja gak tahu? Gak nyambung….!” Jawab Rina lagi.

$$$$$$$$$$$$$$$$$$$$$$$$$$$$$$$$$$$$$$$$$$$$$$$$$$$$$$$$$$$$$$$$$$$$$$$$

Illustrasi di atas, memberikan gambaran ungkapan hati seorang anak yang menganggap orang tuanya tidak asyik. Rahmat Affandi, penulis buku Insparing Mom and Dad “Cara Asyik Mendidik Anak” melakukan jajak pendapat kecil-kecilan kepada peserta didiknya (siswa siswi sebuah SD di Bekasi), dan menyimpulkan beberapa kriteria orang tua yang asyik menurut versi anak-anak (yang menjadi sample jajak pendapatnya). Inilah paparannya……

1.       Smart
Orang tua yang asyik dimata anak-anak adalah orang tua yang "Smart". Yang termasuk dalam kategori smart menurut mereka adalah orang tua yang memiliki wawasan luas, pintar, dapat menjawab kalau ditanya tentang pelajaran yang tidak dimengerti, dan dapat membantu mengerjakan PR mereka, tahu berbagai hal, terutama hal-hal yang aktual, GPLKM (Gak Pake Lama Kalo Mikir), karena menurut mereka itu membuat mereka merasa malu.
Kalau kita kaji lebih mendalam, memang tidak salah kalau anak-anak mematok kriteria seperti ini, karena sebagai orang tua tentu kita harus mempunyai kelebihan bertingkat-tingkat di atas kemampuan anak kita, terutama dalam hal penguasaan ilmu pengetahuan. Bagaimana kita akan mengajarkan membaca kalau kita sendiri tidak bisa membaca?????
Let’s be smart….jadilah orang tua yang membanggakan bagi anak-anak kita. So, jangan malas belajar, meng-upgrade ilmu kita ya…..^_^ jadikan ketidaktahuan sebagai ilmu…..

2.       Bersemangat
Orang tua yang asyik dimata anak-anak adalah orang tua yang "Bersemangat". Orang tua harus menjadi orang yang ulet dan bertekad baja. Orang tua yang bersemangat di mata anak-anak adalah orang tua yang tetap bisa membantu pelajaran anaknya dengan sepenuh hati, tidak memperlihatkan keletihannya, tetap optimis, tetap humoris, senantiasa menyenangkan, bisa diajak bercanda, tidak tegang, nyantai, dan tetap segar. Sebesar apa pun berat beban yang kita pikul, tentu kita tidak menginginkan anak-anak kita menanggung beban tersebut. Secapek apa pun kita, tentu kita tidak ingin memperlihatkan kecapekan dan keletihan kita kepada anak-anak. Beban berat, capek, dan keletihan yang kita alami, itu adalah konsekuensi logis yang harus kita kita terima sebagai orang tua. Memang orang tua juga manusia biasa, ada batas-batasnya, tetapi dengan tidak memperlihatkan beban dan keletihan kita kepada anak-anak, minimal kita telah memberikan contoh dan teladan yang baik tentang arti tanggung jawab dan nilai-nilai perjuangan dalam hidup.

3.       Bijaksana
Orang tua yang asyik adalah "Bijaksana". Menurut anak-anak, orang tua yang bijaksana itu adalah orang tua yang tidak otoriter, tidak semau gue, tidak memihak, berdiskusi, toleran, memberikan kesempatan kepada anak-anak, tidak memaksakan kehendak, dan demokratis. Sudah saatnya kita meninggalkan anggapan bahwa anak-anak adalah sosok manusia yang polos, tidak tahu apa-apa, sosok yang dapat dibentuk ini dan itu, harus begini dan begitu. Namun, sekarang saatnya kita melihat bahwa anak adalah pribadi yang utuh, manusia yang memiliki bakat dan potensi untuk dikembangkan, untuk menjadi dirinya sendiri. Sebagai orang tua yang baik, kita tidak akan memaksakan anak-anak kita untuk menjadi apa yang kita kehendaki. Orang tua yang demokratis akan melahirkan generasi yang demokratis. Orang tua yang mengembangkan sikap toleransi, maka secara tidak langsung mengajarkan anak untuk menghargai perbedaan.

4.       Memberikan teladan yang baik
Orang tua yang asyik adalah yang "Dapat Memberikan Teladan yang Baik". Tidak hanya bisa menyuruh saja, tetapi dengan memberikan contoh yang baik, dapat dijadikan guru yang baik, teman dan sahabat yang baik. Jika kita menginginkan anak tumbuh menjadi anak yang mempunyai wawasan yang luas, berilmu tinggi, berakhlak mulia, rajin beribadah, peduli dengan sesama, maka orang tualah yang pertama kali harus menanamkan kebiasaan itu. Jika suatu saat terpaksa ada masalah/perselisihan antara ayah dan ibu, hendaklah masalah tersebut diselesaikan di tempat lain, tidak bertengkar di depan anak-anak, karena hal ini akan menjadi contoh kekerasan dalam keluarga dan akan memberi tauma psikis pada diri anak.

5.       Memahami dunia anak
Dunia anak adalah dunia bermain. Orang tua yang asyik di mata anak-anak adalah orang tua yang "Memahami Dunia Anak". Memahami dunia anak menurut versi mereka adalah orang tua yang tidak memaksakan kehendaknya kepada anak-anak, memahami kesukaan anak-anak, buku, film, dan komik kesukaannya, makanan favorit mereka, mainan yang digemari, bisa diajak bermain, bercanda, bercerita, curhat-curhatan, mengajaknya ngobrol, pokoknya orang tua yang menyenangkan dan dapat dijadikan teman sekaligus sahabat yang baik. Untuk itu, kita mesti memahami tahap perkembangan anak, karena hal ini akan membantu orang tua dalam memahami dunia anak.

6.       Tegas dan tidak plin-plan tetapi tetap lembut
Orang tua yang asyik di mata anak-anak adalah orang tua yang "Tegas dan Tidak Plin-Plan", tetapi tetap lembut. Tegas dalam arti memiliki dan memegang teguh prinsip, memiliki kekuatan sikap. Tegas bukan berarti rigid (kaku/keras), tetapi ketegasan dengan menempatkan sesuatu pada tempat yang semestinya. Penerapan ketegasan memerlukan prinsip dan keyakinan serta kedisiplinan. Mendisiplinkan diri jauh lebih efektif dari pada mengharapkan kedisiplinan dari orang lain. Satu hal yang jelas bahwa dengan mendisiplinkan diri, berarti kita memberikan keteladanan dan contoh sikap yang baik dan konsisten, tidak plin-plan. Anak-anak akan merasa bangga, takjub, segan, dan hormat kepada orang tua, bukan malah menjadi takut. Orang tua perlu melakukan sistem reward and punishment. Terapkan sanksi ketika anak melakukan kesalahan, namun berikan hukuman yang bersifat konstruktif, bukan destruktif. Jangan menjatuhkan hukuman atas kesalahan-kesalahan kecil. Jika hendak menjatuhkan hukuman, hendaknya disertai dengn penjelasan alasannya. Jangan pula terlalu sulit mengadili anak, karena anak akan cenderung memilih untuk berbohong untuk menghindari hukuman. Demikian pula ketika anak berprestasi atau melakukan kebaikan. Jangan pelit memberikan penguatan, pujian, penghargaan, atau pun hadiah. Berikan apresiasi tersebut dengan tulus ikhlas. Satu hal yang perlu diingat, bahwa di balik ketegasan sikap, kedisiplinan yang tinggi, memegang teguh prinsip, dan keyakinan, tetap saja orang tua haruslah menjadi pribadi yang lembut dan penuh kasih sayang. Hatinya kaya dengan cinta, peka terhadap kesedihan dan kegelisahan anak, hati yang putih, yang diimplementaiskan dalam sikap terpuji,  dan tutur kata yang bersih. Pribadi yang mampu memberikan kesejukan kepada anak-anaknya.

7.       Jujur, adil serta sabar
Orang tua yang asyik di mata anak-anak adalah orang tua yang "Jujur, Adil, dan Sabar". Perlu diingat kembali, bahwa anak adalah great imitator. Jika orang tua menghendaki anak-anaknya bersikap jujur, adil, dan penyabar, maka orang tua hendaknya memberikan contoh terlebih dahulu. Memang sebagai orang tua kita dituntut untuk menjadi orang yang sempurna di mata anak-anak. Sudah layakkah kita ditiru oleh anak-anak kita??? Orang tua harus terus menempa diri untuk bersikap sabar, sebelum membentuk orang lain (anak-anak) menjadi “sabar”. Setiap orang diberi potensi untuk menjadi orang yang  “sabar”. Tinggal kita mau atau tidak mengoptimalkan potensi tersebut.


“Jadilah orang tua yang dapat menginspirasi anak agar selalu dapat meningkatkan kesadarannya untuk belajar. Hidup adalah belajar, hidup adalah perjuangan. Belajar sepanjang hidup (long life education) dan berjuang sepanjang hayat.”

“Hanya sebagian kecil orang tua yang masuk dalam kategori orang tua yang luar biasa (great parent), yaitu orang tua yang inspiratif”



Dikutip dari buku: Inspiring Mom and Dad “Cara Asyik Dalam Mendidik”
Penulis: Rahmat Affandi



3 komentar:

  1. PERMAINAN ONLINE TERBESAR DI INDONESIA

    Website paling ternama dan paling terpercaya di Asia ^^
    Sistem pelayanan 24 Jam Non-Stop bersama dengan CS Berpengalaman respon tercepat :)
    Memiliki 9 Jenis game yang sangat digemari oleh seluruh peminat poker / domino

    - Adu Q
    - Bandar Q
    - Bandar Sakong
    - Bandar Poker
    - Poker
    - Domino 99
    - Capsa Susun
    - Bandar66 / Adu Balak
    - Perang Baccarat ( GAME TERBARU )

    Permainan Judi online yang menggunakan uang asli dan mendapatkan uang asli ^^
    * Minimal Deposit : 20.000
    * Minimal Withdraw : 20.000
    * Deposit dan Withdraw 24 jam Non stop ( Kecuali Bank offline / gangguan )
    * Bonus REFFERAL 15 % Seumur hidup tanpa syarat
    * Bonus ROLLINGAN 0.3 % Dibagikan 5 hari 1 kali
    * Proses Deposit & Withdraw PALING CEPAT
    * Sistem keamanan Terbaru & Terjamin
    * Poker Online Terpercaya
    * Live chat yang Responsive
    * Support lebih banyak bank LOKAL Yaitu : Bca, Bri, Bni, Mandiri, Danamon, Cimb niaga , Permata Bank dan Ocbc Nisp
    * Tersedia deposit via pulsa telkomsel dan XL serta OVO juga


    Contact Us

    Website SahabatQQ
    WA 1 : +85515769793
    WA 2 : +855972076840
    LINE : SAHABATQQ
    FACEBOOK : SahabatQQ Reborn
    TWITTER : SahabatQQ Official
    YM : cs2_sahabatqq@yahoo.com
    Kami Siap Melayani anda 24 jam Nonstop

    Daftar SahabatQQ
    #sahabatQQ #winsahabatQQ #winsahabat #rajakartu99 #windaftar

    BalasHapus
  2. Yuk Merapat Best Betting Online Hanya Di AREATOTO
    Dalam 1 Userid Dapat Bermain Semua Permainan
    Yang Ada :
    TARUHAN BOLA - LIVE CASINO - SABUNG AYAM - TOGEL ONLINE ( Tanpa Batas Invest )
    Sekedar Nonton Bola ,
    Jika Tidak Pasang Taruhan , Mana Seru , Pasangkan Taruhan Anda Di areatoto
    Minimal Deposit Rp 20.000 Dan Withdraw Rp.50.000
    Proses Deposit Dan Withdraw ( EXPRES ) Super Cepat
    Anda Akan Di Layani Dengan Customer Service Yang Ramah
    Website Online 24Jam/Setiap Hariny

    BalasHapus