Senin, 30 September 2013

SAP MATA KULIAH EVALUASI PENDIDIKAN

SATUAN ACARA PERKULIAHAN (SAP)
EVALUASI PENDIDIKAN

Mata Kuliah          : Evaluasi Pendidikan
Bobot SKS              : 2 SKS
Program Studi      : Pendidikan Bimbingan & Konseling
Semester                 : V (lima)
Dosen Pengampu : Endang Sri Budi Herawati, S.E., M.Pd


A. Deskripsi Mata Kuliah

Mata kuliah Evaluasi Pendidikan ini mengkaji tentang tolok ukur hasil pendidikan melalui pengukuran dan penilaian hasil belajar. Dengan demikian, setelah melakukan pengukuran hasil belajar, akan dapat pula mengambil keputusan terhadap hasil belajar melalui penilaian kualitatif dengan ukuran baik dan buruk. Mata kuliah ini merupakan salah satu mata kuliah dasar keahlian pedagogik. Bahasan materi perkuliahan yang disampaikan akan mengarah pada pembentukan pengetahuan dan keterampilan dalam evaluasi pendidikan bagi para calon guru. Materi dasar yang dibahas adalah (1) Konsep dasar evaluasi pendidikan, (2) Peranan evaluasi pendidikan, (3) Teknik-teknik konstruksi tes, (4) Uji coba tes hasil belajar, (5) Pengolahan hasil uji coba tes hasil belajar, (6) Analisis tes hasil belajar, dan (7) Pembakuan tes hasil belajar.

B. Tujuan Perkuliahan

Setelah berakhirnya mata kuliah ini diharapkan mahasiswa jurusan Pendidikan Bimbingan & Konseling memiliki kompetensi dalam merancang, menyusun, melaksanakan dan melaporkan hasil evaluasi belajar serta menggunakannya untuk perbaikan pembelajaran.

C. Kegiatan Perkuliahan

Strategi dan metode yang digunakan dalam perkuliahan adalah:
  1. Mahasiswa diberi tugas untuk menelaah sumber-sumber/referensi yang berkaitan dengan materi-materi yang ada dalam silabus, agar terjadi interaktif antara dosen dan mahasiswa.
  2. Menerapkan model-model pengajaran interaktif yang berpusat pada dosen (Ekspositori, prisentasi dan penjelasan, pengajaran langsung).
  3. Menerapkan model-model pengajaran interaktif yang berpusat pada mahasiswa (penugasan secara kelompok dan presentasi atas hasil penelusuran dan kajian, problem based learning) terhadap model-model evaluasi pendidikan yang telah dikaji bersama.
  4. Penugasan secara individual maupun kelompok untuk melakukan analisis tes hasil belajar.
  5. Problem based learning.
D. Evaluasi

Evaluasi perkuliahan selama 1 semester dilakukan dengan memperhatikan komponen-komponen berikut:
  1. Kehadiran (minimal 80%).
  2. Tugas kelompok dengan mempertimbangkan aspek tingkat kejelasan hasil kajian, analisis dan evaluasi serta presentasi hasil kajian dan penelusuran.
  3. Tugas individu dengan mempertimbangkan aspek: konsep dasar, ketajaman analisis, dan kesimpulan hasil kerja.
  4. Nilai UTS
  5. Nilai UAS
  6. Hasil evaluasi merupakan kumulatif dari jumlah kehadiran, penyelesaian tugas-tugas terstruktur baik individu maupun kelompok, nilai UTS dan UAS.
E. Jabaran Kegiatan Perkuliahan dalam Pertemuan


Pertemuan ke
Materi
Ket
I
·     Kontrak perkuliah
·     Konsep dasar belajar dan pembelajaran
·     Sistem Perkuliahan
·     Preview materi evaluasi pendidikan
·     Kiat belajar Efektif bagi mahasiswa
Dosen melalui strategi kelompok pendengar (kel penanya, pendukung, penolak dan pemberi contoh).
II & III
Memahami konsep dan penerapan dasar-dasar pengukuran dan penilaian:
·     Pengertian evaluasi pendidikan
·     Perbedaan pengukuran dan penilaian
·     Fungsi dan manfaat penilaian hasil belajar
·     Jenis dan evaluasi hasil belajar
·     Syarat-syarat alat penilaian yang baik
·     Validitas dan reliabilitas
Presentasi mhs, & Problem Solving
IV & V
Memahami dan menerapkan konsep perencanaan penyusunan Evaluasi Hasil Belajar
·    Pembahasan Standar Kompetensi, Kompetensi Dasar, Indikator atau TPU dan TPK
·    Pembahasan metode pemilihan bahan evaluasi
·    Pembahasan metode penyusunan kisi-kisi evaluasi hasil belajar
Presentasi mhs, & Problem Solving
VI & VII
Memahami dan menerapkan konsep instrumen evaluasi hasil belajar
·    Pembahasan jenis tagihan dan instrumen penilaian
·    Pembahasan syarat-syarat penyusunan jenis tagihan dan instrumen penilaian
·    Berlatih menyusun berbagai jenis tagihan dan bentuk instrumen penilaian
Presentasi mhs, & Problem Solving
VIII
·     Pembahasan berbagai jenis instrumen evaluasi
·     Pembahasan bentuk-bentuk tes: objektif dan non objektif
·     Pembahasan bentuk-bentuk soal objektif: Benar-Salah, Pilihan Ganda, Menjodohkan, Isian Singkat
·     Pembahasan bentuk soal uraian (esai)
·     Analisis soal dalam berbagai bentuk, kemudian mengklasifikasikan soal-soal tersebut dalam kelo,pok soal yang telah dipelajari
Presentasi mhs, & Problem Solving
IX
UTS
X
Menyusun instrumen penilaian berbagai kompetensi atau indikator pencapaian hasil belajar:
·     Kompetensi Kognitif
·     Kompetensi Afektif
·     Kompetensi Psikomotor
Presentasi mhs, & Problem Solving
XI - XII
Mengolah hasil evaluasi
·     Pembahasan cara pemberian skor
·     Pembahasan berbagai pendekatan penilaian
·     Pembahasan cara pemberian nilai standar
·     Berlatih mengolah skor menjadi nilai standar
Presentasi mhs, & Problem Solving
XIII - XIV
Memahami dan menerapkan konsep mutu alat evaluasi hasil belajar
·      Pembahasan teknik analisis validitas
·      Pembahasan teknik analisis reliabilitas
·      Pembahasan teknik analisi tingkat kesukaran
·      Pembahasan teknik analisis daya pembeda
·      Pembahasan teknik analisis option (untuk soal pilihan ganda)
Presentasi mhs, & Problem Solving
XV
·     Menyusun laporan hasil evaluasi hasil belajar
·     Pengisian rapor
·     Pelaporan tingkat ketuntasan belajar
·     Pelaporan hasil analisis tingkat keterpahaman dan ketuntasan
·     Memahami cara pemanfaatan hasil evaluasi untuk perbaikan pembelajaran
Presentasi mhs, & Problem Solving
XVI
UAS (membuat analisis)


REFERENSI


  1. Arikunto, Suharsimi. 2012. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Edisi ke-2. Jakarta: PT Bumi Aksara.
  2. Gronlund, Norman E. 1985. Meassurement and Evaluation. 5 th ed. New York: Memillan Publishing Company, Inc.
  3. Purwanto, M. Ngalim. 2001. Prinsip-Prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Bandung: Rosda Karya.
  4. Mutakin, Awan, dkk. 1988. Penilaian Dalam Pendidikan. Bandung:IKIP Bandung.
  5. Tayibnapis, F.Y. 2000. Evaluasi Program. Jakarta: Rineka Cipta.

Dosen Pengampu Mata Kuliah


Endang Sri Budi Herawati, S.E., M.Pd

1 komentar:

  1. Yuk Merapat Best Betting Online Hanya Di AREATOTO
    Dalam 1 Userid Dapat Bermain Semua Permainan
    Yang Ada :
    TARUHAN BOLA - LIVE CASINO - SABUNG AYAM - TOGEL ONLINE ( Tanpa Batas Invest )
    Sekedar Nonton Bola ,
    Jika Tidak Pasang Taruhan , Mana Seru , Pasangkan Taruhan Anda Di areatoto
    Minimal Deposit Rp 20.000 Dan Withdraw Rp.50.000
    Proses Deposit Dan Withdraw ( EXPRES ) Super Cepat
    Anda Akan Di Layani Dengan Customer Service Yang Ramah
    Website Online 24Jam/Setiap Hariny

    BalasHapus