SATUAN ACARA PERKULIAHAN (SAP)
PENGANTAR ILMU ETIKA
Mata Kuliah : Pengantar Ilmu Etika
Bobot SKS : 2 SKS
Program Studi : Pendidikan Bimbingan & Konseling
Semester : I (satu)
Dosen Pengampu : Endang Sri Budi Herawati, S.E., M.Pd
A. Deskripsi Mata Kuliah
Mata kuliah ini menguraikan tentang etika umum, prinsip, aturan, dan sikap, berdasarkan nilai-nilai moral, dengan memandang hak dan martabat sebagai manusia. Melalui perkuliahan ini diharapkan dapat menumbuhkan kecerdasan spiritual mahasiswa. Materi perkuliahan meliputi etika hidup seorang manusia terhadap dirinya, sesamanya, lingkungannya, dan penciptanya. Perkuliahan ini akan meliputi materi:
- Pengertian, sumber-sumber, tujuan dan fungsi etika
- Hubungan etika dengan tatakrama, agama dan adat istiadat
- Kewajibagn manusia terhadap dirinya sendiri, terhadap ibu bapak dan keluarga, serta terhadap penciptnya
- Sifat-sifat terpuji dan tercela
- Manusia bergerak ke arah kesempurnaan
- Watak manusia yang suci dan tak berdosa
- Kebebasan dan kendali
- Kebutuhan spiritual manusia
- Kriteria nilai moral tindakan
B. Tujuan Perkuliahan
Setelah berakhirnya mata kuliah ini diharapkan mahasiswa jurusan Pendidikan Bimbingan & Konseling mampu membina serta mengamalkan moral yang mulia dalam kehidupannya sehari-hari dimana pun dan kapan pun.
C. Kegiatan Perkuliahan
Strategi dan metode yang digunakan dalam perkuliahan adalah:
- Mahasiswa diberi tugas untuk menelaah sumber-sumber/referensi yang berkaitan dengan materi-materi yang ada dalam silabus, agar terjadi interaktif antara dosen dan mahasiswa.
- Menerapkan model-model pengajaran interaktif yang berpusat pada dosen (ekspositori, presentasi dan penjelasan, pengajaran langsung)
- Menerapkan model-model pengajaran interaktif yang berpusat pada mahasiswa (penugasan secara kelompok dan presentasi atas hasil penelusuran dan kajian, problem based learning) terhadap isue-isue yang berkaitan dengan norma dan etika
- Penugasan baik secara individual maupun kelompok untuk melakukan observasi lapangan terhadap faktor-faktor yang mempengaruhi etika hidup seseorang
- Problem based learning
D. Evaluasi
Evaluasi perkuliahan selama 1 semester dilakukan dengan memperhatikan komponen-komponen berikut:
- Kehadiran (minimal 80%)
- Tugas kelompok dengan mempertimbangkan aspek tingkat kejelasan hasil kajian, analisis dan evaluasi serta presentasi hasil kajian dan penelusuran
- Tugas individu dengan mempertimbangakn aspek: konsep dasar, dan relevansi dalam kegiatan pembelajaran
- Hasil evaluasi merupakan kumulatif dari jumlah kehadiran, penyelesaian tugas-tugas terstruktur, yaitu tugas induvidu dan kelompok.
E. Jabaran Kegiatan Perkuliahan dalam Pertemuan
Pertemuan ke
|
Materi
|
Ket
|
I
|
· Kontrak perkuliah
· Konsep dasar belajar dan pembelajaran
· Sistem Perkuliahan
· Preview materi Pengantar Ilmu
Etika
· Kiat belajar Efektif bagi
mahasiswa
|
Dosen
melalui strategi kelompok pendengar (kel penanya, pendukung, penolak dan
pemberi contoh).
|
II
|
Pengertian,
sumber-sumber, fungsi dan tujuan etika, hubungan konsep-konsep etika dalam
pendidikan
|
Presentasi
mhs, & Problem Solving
|
III
|
· Etika dalam agama
· Etika dalam adat istiadat
|
Simulasi
& Problem Solving
|
IV
|
· Etika dalam pendidikan
|
Presentasi
mhs, & Problem Solving
|
V
|
· Etika deskriptif
· Metaetika
· Etika normative (etika normatif
umum, etika khusus, etika terapan)
|
Presentasi
mhs, & Problem Solving
|
VI
|
· Nilai, norma (sopan santun, hukum,
moral)
· Kesadaran moral dan hati nurani
|
Simulasi
& Problem Solving
|
VII
|
· Kebebasan dan tanggungjawab
· Hak dan kewajiban
|
Presentasi
mhs, & Problem Solving
|
VIII - XI
|
Teori dan
aliran-aliran pokok dalam etika, serta pilar moral:
· Deontologis dan teleologis,
utilitarisme, hedonisme
· Pragmatism, kejujuran, kesabarann
dan kerendahan hati
· Manusia sebagai sasaran moral:
actus hominis dan actus humanus.
· Penerapan kebebasan, tanggung
jawab, hak dan kewajiban, kejujuran, keadilan, kesabaran dan kerendahan hati
|
Presentasi
mhs, & Problem Solving
|
XII - XIV
|
· Kriteria nilai moral tindakan
· Kebutuhan spiritual manusia
· Watak manusia yang suci dan tak
berdosa
· Manusia bergerak ke arah
kesempurnaan
|
Presentasi
mhs, & Problem Solving
|
XV
|
Penugasan
observasi tentang faktor yang mempengaruhi terjadinya penyimpangan etika
dalam kehidupan sehari-hari
|
Presentasi
mhs, & Problem Solving
|
XVI
|
Plagiarisme
makalah, tugas akhir, mencontek dalam ujian, pemalsuan tanda tangan,
kekerasan di sekolah
|
Diskusi,
presentasi & problem solving
|
REFERENSI:
- Bertens, 2011. Etika. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama
- Zakaria. A. Etika Hidup Seorang Muslim. Garut: Azka
- Faridl, Miftah. 2001. Panduan Hidup Muslim. Bandung: Pustaka
- Mujtaba, Sayid & Musawi Lari. 2001. Etika & Pertumbuhan Spiritual. Jakarta: Lentera
- Uno, Mien R. 2005. Etiket: Sukses Membawa Diri di Segala Kesempatan. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama
- Zuriah, Nurul. 2007. Pendidikan Moral & Budi Pekerti dalam Perspektif Perubahan. Jakarta: Bumi Aksara
Dosen Pengampu Mata Kuliah
Endang Sri Budi Herawati, S.E., M.Pd
Tidak ada komentar:
Posting Komentar